Postingan

PROSEDUR STANDAR DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN KOMPUTASI

Gambar
Apa itu Pemikiran Komputasional? Pemikiran komputasional sebagai sebuah konsep dapat terdengar mengintimidasi. Tetapi setiap hari, di semua aspek kehidupan kita, kita melakukan pemikiran komputasional. Pikirkan tindakan dan keputusan berikut yang masuk ke dalam pemikiran komputasional:  >Anda ingin membuat secangkir teh atau kopi. >Anda ingin membeli mobil. >Anda ingin berpindah pekerjaan. >Anda ingin berpindah ke kota lain. >Anda ingin membeli rumah. >Anda ingin menulis buku. >Anda ingin membuat aplikasi. Proses perencanaan dan pencapaian tujuan-tujuan ini melibatkan pemikiran komputasional. Perencanaan melibatkan pemecahan masalah-masalah ini menjadi bagian-bagian yang dapat dikelola dan menghasilkan serangkaian solusi yang memungkinkan kita mencapai tujuan yang ada dalam benak kita pemikiran komputasional benar-benar tentang memahami masalah kompleks yang ada, kemudian memecahnya menjadi serangkaian masalah yang lebih mudah dikelola. Kami kemudian meng

RUANG LINGKUP INFORMATIKA

Gambar
  Program komputer  atau sering kali disingkat sebagai  program  adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada  komputer . [1]  Komputer pada dasarnya membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer, biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi serangkaian instruksi program tersebut pada  prosesor . [2]  Sebuah program biasanya memiliki suatu bentuk model pengeksekusian tertentu agar dapat secara langsung dieksekusi oleh komputer. Program yang sama dalam format kode yang dapat dibaca oleh manusia disebut sebagai  kode sumber , bentuk program yang memungkinkan  programmer  menganalisis serta melakukan penelaahan algoritme yang digunakan pada program tersebut. Kode sumber tersebut pada akhirnya  dikompilasi  oleh utilitas bahasa pemrograman tertentu sehingga membentuk sebuah program. bentuk alternatif lain model pengeksekusian sebuah program adalah dengan menggunakan bantuan  interpreter , kode sumber tersebut

PRAKTIK LINTAS BIDANG

Gambar
  Berpikir komputasi ( computational thinking)  adalah sebuah metoda pemecahan masalah dengan mengaplikasikan/ melibatkan teknik yang digunakan oleh  software engineer  dalam menulis program. Berpikir komputasi bukan berarti berpikir seperti komputer, tapi berpikir tentang komputasi di mana sesorang dituntut untuk memformulasikan masalah dalam bentuk masalah komputasi dan menyusun solusi komputasi yang baik (dalam bentuk algoritma) atau menjelaskan mengapa tidak ditemukan solusi yang sesuai. Dalam proses pembelajaran Informatika, peserta didik dapat memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia untuk digunakan sebagai sarana kolaborasi dalam pembelajaran. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam aktivitas pembelajaran khususnya kolaborasi peserta didik yaitu aplikasi web jejaring sosial (Social Network) seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Selain itu fasilitas Google Meet dan E-Mail (Electronic Mail) juga sangat membantu dimana peserta didik dapat

KOMPUTASIONAL

Gambar
  SEJARAH KOMPUTASI MODERN Secara Umum Komputasi bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Komputasi merupakan suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Komputasi yang menggunakan komputer inilah yang disebut dengan Komputasi Modern. Sejarah Komputasi Modern Awal mula dari komputasi adalah adanya perhitungan-perhitungan angka yang dilakukan manusia. Manusia telah mengenal angka dan perhitungan sejak berabad-abad yang lalu. Bangsa romawi pun telah dapat menghitung sistem kalender dan rasi bintang. Seiring dengan perkembangan zaman manusia pun melakukan perhitungan-perhitungan yang lebih kompleks. Otak manusia juga mengalami ket

SOCIAL MEDIA!

Gambar
  Media Sosial: Pengertian, Karakteristik, dan Jenis 📍 Pengertian Media Sosial MEDIA SOSIAL (Social Media) adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan membangun jaringan (networking). Jika kita mencari definisi media sosial di mesin pencari Google, dengan mengetikkan kata kunci "social media meaning", maka Google menampilkan pengertian media sosial sebagai "websites and applications used for social networking" --website dan aplikasi yang digunakan untuk jejaring sosial. Menurut Wikipedia, media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya (users) bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

TATA SURYA

Gambar
A. Sistem Tata Surya   1.Matahari      Matahari adalah bintang yg berupa bola gas dan bercahaya yang menjadi pusat tata surya.  •Inti Matahari  Inti matahari adalah bagian matahari yang mempunyai suhu sekitar  15jt°C. •Fotosfer Fotosfer adalah lapisan permukaan matahari dengan tepat sekitar 350 km.Lapisan ini disebut lapisan cahaya.  •Kromosfer Kromosfer adalah lapisan diatas fotosfer bersuhu sekitar 6rb-50rb°C.  •Korona Korona adalah lapisan terluar matahari.  2.Planet Dalam      Planet dalam adalah planet yg letaknya dekat dengan matahari. Planet ini berukuran kecil.  3.Planet Luar      Planet luar adalah planet yg letaknya jauh dengan matahari. 4.Komet     Komet merupakan benda langit yang mengelilingi matahari dengan orbit yang sangat oval.  5.Meteoroid     Meteoroid adalah potongan batu atau puing puing logam yang bergerak di luar angkasa.  6. Asteroid     Asteroid adalah potongan potongan batu yang mirip dengan materi penyusun planet. 

BAGIAN BAGIAN KOMPUTER

Gambar
1.Bagian-Bagian Komputer  Komputer terdiri atas dua komponen utama yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras  (hardware). Berikut penjelasannya. a. Perangkat keras (hardware) Perangkat keras terdiri atas sebagai berikut.  1) Pemroses (CPU) sebagai unit yang mengolah data. 2) Memori (RAM) sebagai tempat menyimpan data sementara3) Harddisk sebagai media penyimpanan semi permanen. 4) Perangkat masukan (input device) sebagai media yang  digunakan untuk memasukkan data untuk diproses seperti  mouse, keyboard, dan tablet. 5) Perangkat keluaran (output device) sebagai media yang  digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan  CPU seperti monitor, sepiker, plotter, proyektor, dan  printer. b. Perangkat lunak (software) Perangkat lunak terdiri atas sebagai berikut. 1) Sistem operasi Program dasar pada komputer yang menghubungkan  pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi  yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac  OS. Tugas sistem operasi di antaranya mengat